A.
Mind Mapping
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.
Guru
mengemukakan permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa (sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternative
jawaban).
3.
Guru
membentuk siswa menjadi beberapa
kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
4.
Tiap
kelompok menginventarisasi atau mencatat alternative
jawaban hasil diskusi.
5.
Tiap
kelompok (memilih beberapa kelompok) membacakan hasil diskusi kelompoknya dan
guru mencatat di papan tulis dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6.
Dari
data-data di papan tulis, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
B.
Talking
stick
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyiapkan sebuah tongkat.
2.
Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/ paketnya.
3.
Setelah
selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilakan siswa untuk menutup
bukunya.
4.
Guru
mengambil tongkat dan memberikannya kepada siswa, setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap
pertanyaan dari guru.
5.
Guru
memberikan kesimpulan.
6.
Evaluasi.
7.
Penutup.
C.
Think Pair
and Share
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
2.
Siswa
diminta untuk berfikir tentang permasalahan yang disampaikan oleh guru.
3.
Siswa
diminta berpasang-pasangan dengan teman sebelahnya (satu kelompok 2 orang) dan
mengutarkan hasil pemikirannya masing-masing.
4.
Guru
memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
5.
Berawal dari
kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah
materi yang belum diungkapkan para siswa.
6.
Guru
memberikan kesimpulan.
7.
Penutup.
D.
Cooperative
Integrated Reading and Composition
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen.
2.
Guru
memberikan wacana sesuai dengan topic pembelajaran.
3.
Siswa
bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok serta member tanggapan
terhadap wacana yang dittulis pada selembar kertas.
4.
Mempresentasikan
hasil kelompok.
5.
Guru membuat
kesimpulan bersama.
6.
Penutup.
E.
Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Guru member
gambaran sekilas tentang materi yang akan disampaikan.
3.
Guru
menyiapkan alat atau bahan yang diperlukan.
4.
Guru
menunjuk salah satu siswa untuk mendemonstrasikan sesuai dengan scenario yang telah disiapkan.
5.
Seluruh
siswa diminta memperhatikan demonstrasi temannya dan menganalisa.
6.
Tiap siswa
atau kelompok mengemukakan hasil analisa dan juga pengalaman siswa
didemonstrasikan.
7.
Guru membuat
kesimpulan.
F.
Student
Team-Achievement Division (STAD)
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyampaikan materi pelajaran.
2.
Siswa
dibentuk menjadi beberapa kelompok heterogen dan mengatur tempat duduk siswa
agar setiap anggota kelompok saling dapat bertatap muka.
3.
Guru
memberikan LKS masing-masing 2 set.
4.
Anjurkan
agar setiap siswa dalam kelompok dapat mengerjakan LKS secara
berpasang-pasangan dua-dua atau bertiga. Kemudian saling mengecek hasil
pekerjaannya diantara teman dalam kelompoknya itu.
5.
Jika ada
satu anggota yang tidak dapat mengerjakan LKS, maka teman 1 kelompoknya yang
bertanggunga jawab untuk menjelaskan kepada temannya yang belum bisa tadi.
6.
Guru
memberikan kunci LKS agar siswa dapat mengecek pekerjaannya sendiri.
7.
Bila ada
pertanyaan dari siswa, mintalah mereka mengajukan pertanyaan itu kepada teman
satu kelompoknya terlebih dahulu sebelum bertanya kepada guru.
8.
Guru
berkeliling mengawasi kerja kelompok.
9.
Ketua kelompok
melaporkan keberhasilan kelompoknya atau melaporkan hambatan yang dialami
anggota kelompoknya dalam mengisi LKS. Jika diperlukan, guru dapat member
bantuan kepada kelompok secara proporsional.
10.
Ketua
kelompok harus dapat menetapkan bahwa setiap anggota kelompok telah memahami
dan dapat mengerjakan LKS.
11.
Setelah
mengerjakan LKS secara tuntas, guru memberikan kuis kepada seluruh siswa. Dalam
kuis siswa tidak boleh bekerja sama satu sama lain. Setelah kuis selesai
langsung dikoreksi agar dapat tahu hasilnya.
12.
Guru
memberikan penghargaan kepada siswa yang benar, dan kelompok yang memperoleh
skor tertinggi. Guru memberikan pujian juga kepada prestasi tim.
13.
Guru
memberikan PR secara individual kepada siswa tentang materi yang telah
dipelajari.
14.
Guru dapat
membubarkan kelompok dan para siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing.
15.
Guru dapat
memberikan tes formatif sesuai dengan KD yang ditentukan.
G.
Tari Bambu
Langkah-Langkah pembelajarannya:
1.
Separuh
kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika
ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah
siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan
pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.
Separuh
kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama.
3.
Dua siswa
yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi sinformasi.
4.
Kemudian
satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung
lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini
masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa
dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.
H.
Role Playing
Menurut Shaftel dan Shaftel, E.
Mulyasa dalam Sharingkuliahku, mengemukakan bahwa tahapan pembelajaran bermain
peran meliputi:
1.
Menghangatkan
suasana dan memotivasi peserta didik.
2.
Memilih
peran.
3.
Menyusun
tahap-tahap peran.
4.
Menyiapkan
pengamat.
5.
Pemeranan.
6.
Diskusi dan
evaluasi.
7.
Pemeranan
ulang.
8.
Diskusi dan
evaluasi tahap dua.
9.
Membagi
pengalaman dan mengambil kesimpulan.
I.
Numbered Head Together (NHT)
Langkah-langkah NHT menurut
Indrawati dalam Aina Mulyana:
1.
Siswa dibagi
dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2.
Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.
Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4.
Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka.
5.
Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6.
Kesimpulan.
J.
Picture and Picture
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Menyajikan
materi sebagai pengantar
3.
Guru
memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4.
Guru
menunjuk siswa secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis.
5.
Guru
menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut
6.
Dari alasan
urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep dan materi yang sesuain
dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan
atau rangkuman
K. Tukar Pasangan
Langkah-langkah
pembelajarannya:
1.
Siswa
dibentuk berkelompok secara berpasangan/ 2 orang (guru bisa menunjuk
pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2.
Guru
memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
3.
Setelah
selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan dari kempok yang lain.
4.
Kedua
pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling
menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
5.
Temuan baru
yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan
semula.
6.
Kesimpulan.
7.
Penutup.
L.
Debate
1.
Guru membagi
siswa menjadi 2 kelompok peserta debat, yang satu pro dan yang lainnya kontra.
2.
Guru
memberikan tugas untuk membaca materi yang akan diperdebatkan oleh kedua
kelompok diatas.
3.
Setelah
selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk
berbicara saat itu, kemudian setelah selesai ditanggapi oleh kelompok kontra.
Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4.
Sementara
siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ ide-ide dari setiap
pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.
5.
Guru
menambahkan konsep/ ide yang belum terungkapkan.
6.
Dari
data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/
rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
M.
Snowball
Throwing
Langkah-langkahnya menurut Suprijono
dalam Sahrudin:
1.
Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan.
2.
Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi.
3.
Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi
yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
4.
Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok.
5.
Kemudian
kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang
lain selama + 15 menit.
6.
Setelah
siswa dapat satu bola diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian.
7.
Evaluasi.
8.
Penutup.
N. Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)
Langkah-langkah pembelajarannya:
1.
Siswa
dibentuk menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang.
2.
Dua orang
dari masing-masing bertamu dan kedua kelompok yang lain.
3.
Dua yang
tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke
tamu mereka.
4.
Tamu mohon
diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri serta melaporkan temuan mereka dari
kelompok lain.
5.
Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan komentar anda