Jumat, 14 Maret 2014

ISLAM DI MALUKU


Daftar Isi
Kata Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
Daftar Isi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .2
Bab I Pendahuluan

·         Latar Belakang Permasalahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .3
·         Rumusan Masalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .3
Bab II Pembahasan
·         Profil Kepulauan Maluku. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . .4
·         Penyebaran Islam di Kepulauan Kai. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .5
·         Penyebaran Islam di Maluku dan Maluku Utara. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .8
·         Kerajaan Ternate. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .9
·         Kerajaan Tidore. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .12
Bab III Penutup
·         Kesimpulan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .14
Daftar Pustaka. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .15











Bab I Pendahuluan
Latar Belakang Penulisan
Sejak zaman pra sejarah, penduduk kepulauan Maluku dikenal sebagai pelayar-pelayar yang sanggup mengarungi lautan lepas. Sejak awal masehi sudah ada rute-rute pelayaran dan perdagangan antara kepulauan Maluku dengan berbagai daerah di daratan Asia Tenggara. Wilayah Kepulauan Maluku kuno merupakan wilayah yang menjadi titik perhatian, terutama karena hasil rempah-rempahnya yang dijual disana menarik bagi para pedagang Maluku, untuk kemudian dijual kepada para pedagang asing.
Bersamaan dengan itu, datang pula para pedagang yang berasal dari Timur Tengah. Mereka tidak hanya membeli dan menjajakan barang dagangan, tetapi ada juga yang berupaya menyebarkan agama Islam. Dengan demikian, agama Islam telah ada di Maluku ini bersamaan dengan kehadiran para pedagang Arab tersebut. Selain itu ada pula para ulama yang datang secara langsung ke kepulauan ini untuk berdakwah. Biasanya mereka ini adalah penduduk asli atau keturunan para pedagang tadi yang telah memeluk Islam.
Pengaruh adanya perdagangan lintas negara tersebut sangat  mempengaruhi perkembangan Islam di kepulauan rempah-rempah ini.

Rumusan Masalah
·         Bagaimana Profil daerah Kepulauan Maluku?
·         Bagaimana Proses Masuknya Islam Ke Wilayah Kepulauan Kai?
·         Bagaimana Proses Masuknya Islam Ke Wilayah Maluku dan Maluku Utara?
·         Jelaskan Kerajaan Ternate
·         Jelaskan Kerajaan Tidore




Bab II Pembahasan
Profil Daerah Kepulauan Maluku
Peta Maluku
Kepulauan Maluku adalah sekelompok pulau di Indonesia yang merupakan bagian dari Nusantara. Kepulauan Maluku terletak di lempeng Australia. Ia berbatasan dengan Pulau Sulawesi di sebelah barat, Papua di timur, Samudera Pasifik di utara dan Timor di sebelah selatan, Palau di timur laut. Pada zaman dahulu, bangsa Eropa menamakannya "Kepulauan rempah-rempah"
Maluku memiliki nama asli “Jazirah al-Mulk” yang artinya kumpulan atau semenanjung kerajaan yang terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil. Maluku dikenal dengan kawasan Seribu Pulau serta memiliki keanekaragaman sosial budaya dan kekayaan alam yang berlimpah. Orang Belanda menyebutnya sebagai ‘the three golden from the east’ (tiga emas dari timur) yakni Ternate, Banda dan Ambon. Sebelum kedatangan Belanda, penulis dan tabib Portugis, Tome Pirez menulis buku ‘Summa Oriental’ yang telah melukiskan tentang Ternate, Ambon dan Banda sebagai ‘the spices island’.


Masuknya Islam ke Wilayah Maluku Tenggara dan kepulauan Kei
Keberadaan Agama  Islam di Kepulauan Kai bersamaan dengan kedatangan para leluhur  orang Kai di wilayah ini. Masuknya Agama Islam di Kepulauan   Kai sangat  erat kaitannya dengan datangnya  gelombang dan irama perpindahan penduduk  ke daerah  tersebut. Pada awalnya perpindahan penduduk dari Luang Mabes, Tidore, Ternate, Seram dan Banda Naira,  mereka  semua telah memeluk agama Islam, namun karena kurang adanya pembinaan keagamaan, serta terkuras oleh waktu dan kondisi sehingga beberapa tempat kehilangan syariat Islam  bahkan musnah, dan kembali menyatu dengan keadaan lingkungan yang ateis/anemis namun ada yang tetap mengembangkan syiar Islam.
B.    PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI KEPULAUN KAI
Kepulauan Kai
1.           BANDA ELI DAN BANDA ELAT
Masyarakat Banda Eli dan Banda Elat  adalah  penduduk Kai yang berasal dari Banda Naira, mereka meninggalkan Banda Naira karena pertikaian antara masyarakat Banda  Naira  dengan VOC di bawah pimpinan Yan Piterszoon Coen pada taun 1621. Saat inipun masyarakat tersebut masih tetap mempertahankan Agama Islam, Budaya ( Adat Istiadat ) dan Bahasa Banda Naira. Mereka ini yang memperkuat dan menjadi penerus adat dan budaya Banda Naira
2.           PULAU KUR
Pulau Kur dengan 11 Desanya mulai dari   masuknya penduduk yang beragama Islam sampai sekarang masih ietap mempertahan kan Agama Islam, Adat Istiadat dan Bahasa. Raja  pertama Kur adalah seorang keturunan Arab  yang bernama   Muhammad dan nama   Kerajaannya adalah Makara.


3.           KEPULAUAN TAYANDO (DESA OHOITON)
Masuknya Agama Islarn di Tayando untuk  pertama kali dibawa oleh Marungun Banyal  pada tahun 1550 dari Langgiar Fer setelah itu di  susul oleh tiga orang      mubaligh yaitu     Tawakaluddin, Tafakadin dan Safakadin dari Banda Naira melalui Kur ke Desa Langgiar Fer baru kemudian kembali ke Tayando.
4.           DESA DULLAH
Agama Islam untuk pertama kali di bawa oleh Sultan  Tahiruddin     dari    Kesultanan Jailolo Maluku Utara pada tahun 1591 ke Desa Dullah.   Namun putusnya hubungan da'wah   telah menimbulkan hilangnya syariat Islam  di sana dan akhirnya mereka kembali menyatu   dengan kepercayaan leluhurnya.
Pada masa pemerintahan Raja Daung  Val beliau mengadakan hubungan dengan Kerajaan  Langgiar Fer lalu beliau menyatakan masuk Islam dan kemudian kembali ke Desa Dullah untuk dimandikan bersama  masyarakatnya secara Islam.

5.   DESA LANGGIAR FER
a)     Permulaan Masuknya Islam
Sampai saat ini sejarah masuknya agama Islam  di Desa Langgiar Fer masih tetap merupakan penuturan lisan yang dituturkan dari mulut ke mulut, dari satu generasi ke generasi berikut  tanpa didukung dengan data otentik. Sehingga perlu   diadakan penelitian terus menerus serta mempelajari literatur dan peninggalan sejarah untuk mendapatkan hasil sejarah Islam yang bermanfaat.
Jalur masuknya Agama Islam di desa Langgiar  Fer melalui Aceh, Banda, Kur dan Tayando,  namun Kur dan Tayando hanya merupakan tempat persinggahan saja. Pembawanya adalah Datuk Abdullah bin Abdul Muthholib bin Abu  Bakar bin Hasyim dari Magribi (Maroko).
Menurut Ahmad Fakaubun bahwa ayah Datuk Abdullah bernama Abdul  Mutholib, lahir Banda Naira  sedangkan Neneknya adalah tawanan Portugis  dalam peperangan dengan Sultan Johar pada tahun 1511 yang pada waktu itu di buang ke  Banda Naira.   
Kedua pendapat tersebut setelah di teliti ada  suatu kejanggalan yang sangat mencolok yaitu:  cerita perjalanan mereka ditemukan   bahwa Datuk Abdullah lahir di Banda Naira dan  cucunya yang bernama Sarkol kawin dengan  anak perempuan dari Raja Sawe di Kilmas  Kur. Dari hasil perkawinan tersebut lahir seorang putera yang bernama Farne Vul, setelah  dewasa ia pindah ke Desa Dullah lalu kawin dan    memperoleh dua orang putera yaitu Arba Huren pindah ke Desa Larat kemudian kawin dengan  Sikremin dan Mel Ren pindah ke Desa Taar. 
Dari hasil penemuan di  atas maka dapatlah dipastikan babwa yang datang ke Desa Langgiar  Fer adalah keturunan Datuk Abbdullah yang  bernama Arba Huren dan diperkirakan tiba di Tenan Savav pada tahun 1661.
Hubungan antara Kepulauan Kai dengan Pulau-pulau Banda Naira sudah berlangsung sebelum  datangnya VOC di Banda Naira. Terjadinya  pertikaian antara VOC dengan rakyat Banda Naira pada tahun 1602 menyebabkan sebahagian dari  pemuka-pemuka      Agama      berangkat  meninggalkan Banda Naira menuju Kepulauan  Kai, untuk pertama kalinya mereka tiba di Desa Ngilngof.
 Beberapa  waktu    kemudian  keluarga Seknun, Rumkel dan Rumaf dibawah  pimpinan Datuk Abdullah Seknun pada tahun  1605 yang merupakan turunan Datuk Maulana  pindah menetap di Desa Fer bersama anaknya yang tertua bernama Muhammad Ali Fatha yang kemudian diangkat menjadi Imam pertama di  Desa Fer, Beliau meninggal pada tahun 1617  M/1026 H, makam di Fer-Langgiar.
            Keluarga Rumaf menjadi Imam di Desa Mastur  dan keluarga Rumkel beserta sebagian keluarga  Rumaf berangkat ke Tayando, setelah mereka tiba di Tayando diangkat menjadi Imam. Keluarga Rumkel diangkat menjadi Imam di  Desa  Meo Langgiar, pengangkatan Imam  tersebut. ditandai dengan 1 kati emas sehingga  marga  Rumkel berubah nama menjadi  Katmas.(Mahmud.M. 2003).
Tamaslu Seknun anak dari Datuk Abdullah diangkat menjadi   Imam di Ohuikurun (Desa Langgiar Fer sekarang) dan dari sinilah Agama Islam mulai berkembang dan melembaga di Desa Langgiar Fer yang kemudian berkembang menjadi pusat  pengembangan Agama Islam di kepulauan Kai  pada akhir abad ke 18 (1704 M/1124 H) dimasa pemerintahan Bal  Tub Vuar (Muhammmad Baluddin Matdoan). Beliau mengajarkan ilmu akidah dan ilmu tasawuf kepada masyarakat sehingga beliau terkenal sangat alim.
Riwayat lain mengisahkan bahwa, agama Islam di Desa Langgiar-Fer untuk pertama kali dibawa oleh Muhammad Muqis (Ubtim Matdoan) pada abad 11 atau 12 Masehi,  anak dari  Sultan Muhammad Isa dari Kota Basra yang dikenal di daerah Luang Maubessy beliau diperkirakan tiba di sana pada tahun 1136 (wilayah ter Selatan Maluku, sekarang menjadi Kabupaten Maluku Barat Daya) dengan sebutan Raja Melayu karena beliau datang ke Pulau Luang  melalui Kerajaan Melayu, dan agama Islam berkembang pesat di Kepulauan Kai pada generasi ketujuh yaitu saat berkuasa Larat Matdoan (1536). Suntuk ini dapat ditelusuri riwayat sejarah beberapa Kerajaan Islam di Kepulauan Kei, Aru, Irian dan Pulau Ambon (Leihitu—Seit, Negeri Lima dll.).

6. DESA MATWEAR
Menurut sejarah yang diakui masyarakat bahwa Raja Kerajaan Matwear yang pertama bernama  Hasan Maqbir Bidian berasal dari Kesultanan Adonara dan   pusat kerajaannya adalah   Desa Matwear sekarang.  Raja Hasan Maqbir tidak mempunyai anak laki-  laki untuk menggantikan tahta kerajaan sehingga     tahta kerajaan dijabat kembali oleh Un El Renfan. Dilihat dari silsilah perkawinan Raja  Hasan Maqbir dengan Dit Nangan anak dari  Tebtut Ohoi Vuur diperkirakan beliau datang ke   desa Matwear pada akhir abad ke 17 Masehi. Kehidupan beragama masyarakat sepeninggal Raja Hasan Maqbir adalah bahwa sebagian  rakyat Matwear masih menganut Agama Islam, sebagian lagi beralih memeluk Agama Kristen Protestan

Wilayah Maluku dan Maluku Utara
Tak ada sumber yang jelas mengenai kapan awal kedatangan Islam di Maluku khususnya Ternate. Namun diperkirakan sejak awal berdirinya kerajaan Ternate masyarakat Ternate telah mengenal Islam mengingat banyaknya pedagang Arab yang telah bermukim di Ternate kala itu. Beberapa raja awal Ternate sudah menggunakan nama bernuansa Islam namun kepastian mereka maupun keluarga kerajaan memeluk Islam masih diperdebatkan. Hanya dapat dipastikan bahwa keluarga kerajaan Ternate resmi memeluk Islam pertengahan abad ke-15.
Diperkirakan, Islam sudah lama masuk secara diam-diam ke Ternate melalui jalur perdagangan. Hal ini ditandai dengan banyaknya pedagang Arab yang datang ke wilayah tersebut untuk berdagang, bahkan ada yang bermukim. Selain melalui perdagangan, penyebaran Islam juga dilakukan lewat jalur dakwah. Muballigh yang terkenal dalam menyebarkan Islam di kawasan ini adalah Maulana Hussain dan Sunan Giri

Ada dugaan, sebelum Kolano Marhum, sudah ada Raja Ternate yang memeluk Islam, namun, hal ini masih menjadi perdebatan. Secara resmi, Raja Ternate yang diketahui memeluk Islam adalah Kolano Marhum (1465-1486 M), Raja Ternate ke-18. Anaknya, Zainal Abidin (1486-1500) yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi raja, pernah belajar di Pesantren Sunan Giri di Gresik. Saat itu, ia dikenal dengan sebutan Sultan Bualawa (Sultan Cengkeh). Ketika menjadi Sultan, Zainal Abidin kemudian mengadopsi hukum Islam sebagai undang-undang kerajaan. Ia juga mengganti gelar Kolano dengan sultan. Untuk memajukan sektor pendidikan, ia juga membangun sekolah (madrasah). Sejak saat itu, Islam berkembang pesat di Ternate dan menjadi agama resmi kerajaan.

Kolano Marhum (1465-1486), penguasa Ternate ke-18 adalah raja pertama yang diketahui memeluk Islam bersama seluruh kerabat dan pejabat istana. Pengganti Kolano Marhum adalah puteranya, Zainal Abidin (1486-1500). Beberapa langkah yang diambil Sultan Zainal Abidin adalah meninggalkan gelar Kolano dan menggantinya dengan Sultan, Islam diakui sebagai agama resmi kerajaan, syariat Islam diberlakukan, membentuk lembaga kerajaan sesuai hukum Islam dengan melibatkan para ulama. Langkah-langkahnya ini kemudian diikuti kerajaan lain di Maluku secara total, hampir tanpa perubahan. Ia juga mendirikan madrasah yang pertama di Ternate. Sultan Zainal Abidin pernah memperdalam ajaran Islam dengan berguru pada Sunan Giri di pulau Jawa, disana beliau dikenal sebagai "Sultan Bualawa" (Sultan Cengkih).
Kerajaan Islam di Maluku
A. Ternate
Kerajaan Gapi atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kesultanan Ternate (mengikuti nama ibukotanya) adalah salah satu dari 4 kerajaan Islam di Maluku dan merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara. Didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada 1257. Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur Nusantara antara abad ke-13 hingga abad ke-17. Kesultanan Ternate menikmati kegemilangan di paruh abad ke -16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya. Di masa jaya kekuasaannya membentang mencakup wilayah Maluku, Sulawesi utara, timur dan tengah, bagian selatan kepulauan Filipina hingga sejauh Kepulauan Marshall di pasifik.
1.      Asal Usul
Pulau Gapi (kini Ternate) mulai ramai di awal abad ke-13, penduduk Ternate awal merupakan warga eksodus dari Halmahera. Awalnya di Ternate terdapat 4 kampung yang masing - masing dikepalai oleh seorang momole (kepala marga), merekalah yang pertama – tama mengadakan hubungan dengan para pedagang yang datang dari segala penjuru mencari rempah – rempah. Penduduk Ternate semakin heterogen dengan bermukimnya pedagang Arab, Jawa, Melayu dan Tionghoa. Oleh karena aktivitas perdagangan yang semakin ramai ditambah ancaman yang sering datang dari para perompak maka atas prakarsa momole Guna pemimpin Tobona diadakan musyawarah untuk membentuk suatu organisasi yang lebih kuat dan mengangkat seorang pemimpin tunggal sebagai raja.
Tahun 1257 momole Ciko pemimpin Sampalu terpilih dan diangkat sebagai Kolano (raja) pertama dengan gelar Baab Mashur Malamo (1257-1272). Kerajaan Gapi berpusat di kampung Ternate, yang dalam perkembangan selanjutnya semakin besar dan ramai sehingga oleh penduduk disebut juga sebagai “Gam Lamo” atau kampung besar (belakangan orang menyebut Gam Lamo dengan Gamalama). Semakin besar dan populernya Kota Ternate, sehingga kemudian orang lebih suka mengatakan kerajaan Ternate daripada kerajaan Gapi. Di bawah pimpinan beberapa generasi penguasa berikutnya, Ternate berkembang dari sebuah kerajaan yang hanya berwilayahkan sebuah pulau kecil menjadi kerajaan yang berpengaruh dan terbesar di bagian timur Indonesia khususnya Maluku.

2.      Kedatangan Islam
Tak ada sumber yang jelas mengenai kapan awal kedatangan Islam di Maluku khususnya Ternate. Namun diperkirakan sejak awal berdirinya kerajaan Ternate masyarakat Ternate telah mengenal Islam mengingat banyaknya pedagang Arab yang telah bermukim di Ternate kala itu. Beberapa raja awal Ternate sudah menggunakan nama bernuansa Islam namun kepastian mereka maupun keluarga kerajaan memeluk Islam masih diperdebatkan. Hanya dapat dipastikan bahwa keluarga kerajaan Ternate resmi memeluk Islam pertengahan abad ke-15.
Kolano Marhum (1465-1486), penguasa Ternate ke-18 adalah raja pertama yang diketahui memeluk Islam bersama seluruh kerabat dan pejabat istana. Pengganti Kolano Marhum adalah puteranya, Zainal Abidin (1486-1500). Beberapa langkah yang diambil Sultan Zainal Abidin adalah meninggalkan gelar Kolano dan menggantinya dengan Sultan, Islam diakui sebagai agama resmi kerajaan, syariat Islam diberlakukan, membentuk lembaga kerajaan sesuai hukum Islam dengan melibatkan para ulama. Langkah-langkahnya ini kemudian diikuti kerajaan lain di Maluku secara total, hampir tanpa perubahan. Ia juga mendirikan madrasah yang pertama di Ternate. Sultan Zainal Abidin pernah memperdalam ajaran Islam dengan berguru pada Sunan Giri di pulau Jawa, disana beliau dikenal sebagai "Sultan Bualawa" (Sultan Cengkih).
3.    Aspek Kehidupan Politik dan Pemerintahan
Raja Ternate yang pertama adalah Sultan Marhum (1465-1495 M). Raja berikutnya adalah putranya, Zainal Abidin. Pada masa pemerintahannya, Zainal Abidin giat menyebarkan agama Islam ke pulau-pulau di sekitarnya, bahkan sampai ke Filiphina Selatan. Zainal Abidin memerintah hingga tahun 1500 M. Setelah mangkat, pemerintahan di Ternate berturut-turut dipegang oleh Sultan Sirullah, Sultan Hairun, dan Sultan Baabullah. Pada masa pemerintahan Sultan Baabullah, Kerajaan Ternate mengalami puncak kejayaannya. Wilayah kerajaan Ternate meliputi Mindanao, seluruh kepulauan di Maluku, Papua, dan Timor. Bersamaan dengan itu, agama Islam juga tersebar sangat luas.
4.Aspek Kehidupan Ekonomi, Sosial, dan Kebudayaan
Perdagangan dan pelayaran mengalami perkembangan yang pesat sehingga pada abad ke-15 telah menjadi kerajaan penting di Maluku. Para pedagang asing datang ke Ternate menjual barang perhiasan, pakaian, dan beras untuk ditukarkan dengan rempah-rempah. Ramainya perdagangan memberikan keuntungan besar bagi perkembangan Kerajaan Ternate sehingga dapat membangun laut yang cukup kuat.
Sebagai kerajaan yang bercorak Islam, masyarakat Ternate dalam kehidupan sehari-harinya banyak menggunakan hukum Islam . Hal itu dapat dilihat pada saat Sultan Hairun dari Ternate dengan De Mesquita dari Portugis melakukan perdamaian dengan mengangkat sumpah dibawah kitab suci Al-Qur’an. Hasil kebudayaan yang cukup menonjol dari kerajaan Ternate adalah keahlian masyarakatnya membuat kapal, seperti kapal kora-kora.
5.     Kemunduran Kerajaan Ternate  
Kemunduran Kerajaan Ternate disebabkan karena diadu domba dengan Kerajaan Tidore yang dilakukan oleh bangsa asing ( Portugis dan Spanyol ) yang bertujuan untuk memonopoli daerah penghasil rempah-rempah tersebut. Setelah Sultan Ternate dan Sultan Tidore sadar bahwa mereka telah diadu domba oleh Portugis dan Spanyol, mereka kemudian bersatu dan berhasil mengusir Portugis dan Spanyol ke luar Kepulauan Maluku. Namun kemenangan tersebut tidak bertahan lama sebab VOC yang dibentuk Belanda untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku berhasil menaklukkan Ternate dengan strategi dan tata kerja yang teratur, rapi dan terkontrol dalam bentuk organisasi yang kuat.

B. Tidore
Kesultanan Tidore adalah kerajaan Islam yang berpusat di wilayah Kota Tidore, Maluku Utara Indonesia sekarang. Pada masa kejayaannya (sekitar abad ke-16 sampai abad ke-18 ), kerajaan ini menguasai sebagian besar Halmahera selatan, Pulau Buru, Ambon, dan banyak pulau-pulau di pesisir Papua barat.
Pada tahun 1521, Sultan Mansur dari Tidore menerima Spanyol sebagai sekutu untuk mengimbangi kekuatan Kesultanan Ternate saingannya yang bersekutu dengan Portugis. Setelah mundurnya Spanyol dari wilayah tersebut pada tahun 1663 karena protes dari pihak Portugis sebagai pelanggaran terhadap Perjanjian Tordesillas 1494, Tidore menjadi salah kerajaan paling independen di wilayah Maluku. Terutama di bawah kepemimpinan Sultan Saifuddin (memerintah 1657-1689), Tidore berhasil menolak pengusaan VOC terhadap wilayahnya dan tetap menjadi daerah merdeka hingga akhir abad ke-18.Menurut silsilah raja-raja Ternate dan Tidore, Raja Ternate pertama adalahMuhammad Naqal yang naik tahta pada tahun 1081 M. Baru pada tahun 1471 M, agama Islam masuk di kerajaan Tidore yang dibawa oleh Ciriliyah, Raja Tidore yang kesembilan. Ciriliyah atau Sultan Jamaluddin bersedia masuk Islam berkat dakwah Syekh Mansur dari Arab.
1.    Aspek Kehidupan Politik dan Kebudayaan
Raja Tidore mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Nuku (1780-1805 M). Sultan Nuku dapat menyatukan Ternate dan Tidore untuk bersama-sama melawan Belanda yang dibantu Inggris. Belanda kalah serta terusir dari Tidore dan Ternate. Sementara itu, Inggris tidak mendapat apa-apa kecuali hubungan dagang biasa. Sultan Nuku memang cerdik, berani, ulet, dan waspada. Sejak saat itu, Tidore dan Ternate tidak diganggu, baik oleh Portugis, Spanyol, Belanda maupun Inggris sehingga kemakmuran rakyatnya terus meningkat. Wilayah kekuasaan Tidore cukup luas, meliputi Pulau Seram, Makean Halmahera, Pulau Raja Ampat, Kai, dan Papua. Pengganti Sultan Nuku adalah adiknya, Zainal Abidin. Ia juga giat menentang Belanda yang berniat menjajah kembali.
2.     Aspek Kehidupan Ekonomi dan Sosial
Sebagai kerajaan yang bercorak Islam, masyarakat Tidore dalam kehidupan sehari-harinya banyak menggunakan hukum Islam . Hal itu dapat dilihat pada saat Sultan Nuku dari Tidore dengan De Mesquita dari Portugis melakukan perdamaian dengan mengangkat sumpah dibawah kitab suci Al-Qur’an.
Kerajaan Tidore terkenal dengan rempah-rempahnya, seperti di daerah Maluku. Sebagai penghasil rempah-rempah, kerajaan Tidore banyak didatangi oleh Bangsa-bangsa Eropa. Bangsa Eropa yang datang ke Maluku, antara lain Portugis, Spanyol, dan Belanda.
3.     Kemunduran Kerajaan Tidore
Kemunduran Kerajaan Tidore disebabkan karena diadu domba dengan Kerajaan Ternate yang dilakukan oleh bangsa asing ( Spanyol dan Portugis ) yang bertujuan untuk memonopoli daerah penghasil rempah-rempah tersebut. Setelah Sultan Tidore dan Sultan Ternate sadar bahwa mereka telah diadu domba oleh Portugis dan Spanyol, mereka kemudian bersatu dan berhasil mengusir Portugis dan Spanyol ke luar Kepulauan Maluku. Namun kemenangan tersebut tidak bertahan lama sebab VOC yang dibentuk Belanda untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku berhasil menaklukkan Ternate dengan strategi dan tata kerja yang teratur, rapi dan terkontrol dalam bentuk organisasi yang kuat.
Bab III Penutup
Kesimpulan
Kepulauan Maluku adalah wilayah timur Nusantara yang sangat kaya akan rempah-rempah, rempah-rempah adalah barang yang sangat di cari oleh bangsa-bangsa di luar Nusantara, terutama bangsa Eropa. hal ini mengundang banyak pedagang asing untuk membeli rempah_rempah langsung ke daerah asalnya di Maluku, dari sekian banyak pedagang, termasuklah pedagang dari daerah Timur Tengah yang kebanyakan beragama Islam dan sekaligus berdakwah di daerah yang ia datangi termasuk Maluku, setelah penduduk Maluku memeluk Islam, mereka mulai mendirikan kerajaan-kerajaan Islam di sana dan yang paling terkenal adalah kerajaan Ternate dan Tidore yang terletak di Maluku Utara sekarng, keua kerajaan ini saling memperbutkan kekuasaan, dan bersaing. Walaupun telah memeluk Islam banyak penduduk Maluku yang kembali ke agama nenek moyangnya terutaa saat mereka melakukan migrasi ke pulau-pulau terpencil seperti di kepulauan Kai, dan kemudian menjadi pemeluk agama Nasrani setelah kedatangan bangsa barat seperti Spanyol dan Portugis.













Daftar Pustaka
           Al-Mubarakfury. S.S., 2008. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al Kautsar.Cet.26. Jakarta.
           Nicolle, David. 2011.  Jejak Sejarah Islam. Alita Aksara Media. Cet pertama. Jakarta
            Alwi, Des.2005. Sejarah Maluku, Banda Naira, Ternate, Tidore dan Ambon. Penerbit Dian Rakyat.Cet.I. Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan komentar anda