Analisis Swot
1. Strength (Kekuatan)
a) Kondisi sekolah yang kondusif karena jauh dari kebisingan lalu lintas serta memiliki lahan ya ng luas.
b) Kelengkapan Fasilita perpustakaan
c) Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten Guru di SMPN 18 OKU berjumlah 29 orang, minimal mempunyai kualifikasi pendidikan S1. , Guru selalu diberi motivasi tentang peningkatan kompetensi pendidikan baik melalui pelatihan, seminar, diklat, maupun loka karya sejenis untuk meningkatkan kompetensi guru. Sehingga sekolah sering memfasilitasi guru untuk mengikuti kegiatan beserta siswa membawa nama baik sekolah.
d) Hubungan baik antar tenaga pendidik, tenaga kependidikan, komite dan peserta didik. Kepala sekolah minimal 1 bulan sekali mengadakan rapat pembinaan terhadap guru dan tenaga kependidikan.
e) Kualitas peserta didik. Prestasi yang diukir siswa siswi SMPN 18 OU tidak hanya di bidang pendidikan, melainkan di bidang ekstrakurikuler. Diantaranya , peraih juara di bidang senam, baris berbaris (Paskibra), nasyid, dll.
2. Weakness (Kelemahan)
a) Rekrutmen guru dan staf. Jumlah guru yang terdapat di tiap bidang studi tidak menyebar/tidak memenuhi jumlah kebutuhan tiap mata pelajaran. Salah satu contoh, ada guru yang memiliki tanggung jawab mengajar yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Dan ada juga guru dengan jumlah jam mengajar yang sangat sedikit dikarenakan kelebihan guru pada satu mata pelajaran. Hal ini dikarenakan, tidak ada kesesuaian kebutuhan guru dengan jumlah guru yang masuk, biasanya merupakan titipan/rekrutmen dari salah satu oknum pejabat.
b) Etos kerja. Etos kerja tenaga pendidik dan kependidikan masih rendah. Hal ini terlihat masih seringnya tenaga pendidik dan kependidikan yang datang terlambat. Selain itu, inovasi dan kreativitas juga masih rendah.
c) Belum optimalnya pembelajaran dari guru, yang Kualifikasi guru masih di dominasi dengan S1,
d) Tingkat perekonomian peserta didik. Hampir 60-70 % siswa siswi SMPN 18 OKU memiliki tingkat perekonomian menengah ke bawah. Sehingga hal ini terkadang menjadi penghalang bagi kegiatan pembelajaran siswa. Misal, siswa memiliki pengetahuan yang minim untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan (tidak bisa mengakses internet secara bebas).
3. Opportunity (Peluang)
a) Tingginya minat orang tua dan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMPN 18 OKU. Hal ini dikarenakan status sekolah Negeri.
b) Dukungan pemerintah daerah dan pusat dalam melengkapi sarana dan prasarana. Hal ini terlihat dari 3 jenis bantuan yang datang dari pemerintah pusat dan daerah pada tahun ini (2013), yakni bantuan pembuatan lokal untuk ruang multimedia yang langsung dilengkapi dengan peralatan computer.
c) Meluasnya penggunaan teknologi dan sistem informasi. Adanya bantuan jaringan internet ke sekolah memberikan kemudahan bagi siswa, pendidik dan tenaga kependidikan untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi guna pemanfaatan dalam kegiatan pendidikan.
d) Suasana lingkungan yang asri dan agamis. Lingkungan sekolah yang masih alami
Visi SMP Negeri 18 OKU
1. Unggul dalam prestasi akademik dan non kademik,
2. Unggul dalam proses pembelajaran yang variatif dan inovatif,
3. Unggul dalam keagamaan atau akhlah mulia
4. Unggul dalam perolehan UN dan US (output)
5. Unggul dalam memenangkan persaingan SMA Unggulan (out come)
6. Unggul dalam lomba olimpiade sains
7. Unggul dalam kreativitas siswa
8. Unggul dalam penguasaaan bahasa Inggris
9. Unggul dalam penguasaan IT
10. Unggul dalam kegiatan keagamaan
11. Unggul dalam baca tulis Al-Qur’an
12. Unggul dalam menjalankan sholat jamaah setiap hari disekolah (dengan jadwal sekolah)
13. Unggul dalam tadarusan Al’Qur’an setiap harinya
14. Unggul dalam menegakkan ajaran Al-Qur’an
15. Unggul dalam menjalankan sholat sunnah di sekolah, dan keseharian
16. Unggul dalam administrasi kurikulum yang lengkap, berstandar nasional dan internasional,
17. Unggul dalam komitmen dan kompetensi tenaga penddikan dan kependidikan yang profesional,
18. Unggul dalam pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan, dan akuntabel,
19. Unggul dalam sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung proses belajar mengajar,
20. Unggul dalam sumber dana yang memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional dan internasional,
21. Unggul dalam sistem penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas,
22. Unggul dalam lingkungan sekolah yang kondusif, tertib, bersih, indah, ramah.
Misi SMP Negeri 18 OKU
1. Mewujudkan lulusan yang uggul dalam prestasi akademik dan nonakademik
2. Mewujudkan profesionalitas guru dan tata usaha
3. Mewujudkan peningkatan kompetensi guru dan tata usaha
4. Mewujudkan proses pembelajaran yangvariatif dan inovatif
5. Mewujudkan silabus semua matapelajaran dan untuk semua jenjang atau kelas
6. Mewujudkan silabus semua mata pelajarandan untuk semua jenjang atau kelas
7. Mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
8. Mewujudkan komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang professional
9. Mewujudkan pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan dan akuntabel
10. Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung proses belajar mengajar.
11. Mewujudkan sumber dana yang memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional
12. Mewujudkan system penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas
13. Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif, tertib,bersih, indah dan ramah
14. Mewujudkan akhlak yang terpuji
15. Mengembangkan cinta terhadap seni budaya
16. Mewujudkan kemampuan olahraga yang tangguh dan kompetitif
17. Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri teladan
Tujuan Sekolah SMP Negeri 18 OKU
Pada tahun pelajaran 2009/2010 sampai dengan tahun 2012/2013 diharapkan:
1. Sekolah mampu memiliki lulusan yang unggul dalam prestasi akademik dan nonakademik
2. Sekolah mewujudkan profesionalitas guru dan tata usaha
3. Sekolah mewujudkan peningkatan kompetensi guru dan tata usaha
4. Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran variatif dan inovativ
5. Sekolah mewujudkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/tingkatan
6. Sekolah mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan semua tingkatan
7. Sekolah mewujudkan pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan dan akuntabel
8. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung proses belajar mengajar
9. Sekolah memilikisumber dana memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional
10. Sekolah memiliki system penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas
11. Sekolah memiliki lingkungan sekolah yang kondusuf, tertib, bersih, indah dan ramah
12. Sekolah mewujudkan akhlak yang terpuji
13. Sekolah mengembangkan cinta terhadap seni budaya
14. Sekolah mewujudkan kemampuan olahraga yang tangguh dan kompetitif
15. Sekolah mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri teladan
Program-Program yang Dilakukan Selama 5 Tahun
Dalam Mencapai Tujuan dan Sasaran
1. Peningkatan di Bidang Kebersihan dan di Bidang Penghijauan
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan penghijauan lingkungan sekolah adalah:
a. Menyusun daftar piket guru dan siswa baik piket kelas maupun piket umum.
b. Melaksanakan program penghijauan.
c. Pengadaan/penambahan pot bunga.
d. Mengangkat petugas kebersihan sekolah.
e. Menyediakan alat-alat kebersihan.
f. Menyediakan kotak sampah.
g. Membuat lobang pembuangan sampah.
h. Menyediakan alat-alat P3K.
i. Sebelum pulang siswa diwajibkan membersihkan kelas dan lingkungannya
2. Peningkatan wawasan guru
Upaya Upaya yang di lakukan adalah :
a. Peningkatan penguasaan guru ttg penilaian
b. Pembinaan wali kelas
c. awasan guru tentang pendidikan baik yang berstandar nasional
d. Guru dan TU yang dapat mengoperasikan komputer
3. Peningkatan Iman dan Takwa
Kegiatan untuk meningkatkan iman dan takwa dilaksanakan secara terprogram dengan melibatkan seluruh siswa dan guru. Kegiatan memerlukan persiapan yang matang dan dana yang memadai. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan ceremonial atau rutin saja, melainkan dilaksanakan secara benar, bertanggung jawab dan monitoring yang tepat.
Usaha yang dilakukan antara lain:
a. Meningkatkan kualitas pengembangan diri, belajar Iqro’ dan seni baca Al-Qur’an.
b. Belajar membaca Al-Qur’an berupa ayat pendek.
c. Mengadakan pembacaan surat Yasin bersama setiap Jum’at pagi.
d. Mengikuti berbagai lomba keagamaan, misalnya MTQ, kaligrafi, ceramah agama, nasyid dan busana muslim yang diadakan berbagai instansi.
e. Mengadakan Sholat Dhuha dan Zuhur berjamaah..
Jadwal Pelaksanaan program
Tahun Pelaksanaan
|
Program
|
Tujuan
|
Tahun ke-1
|
Mengadakan kebersihan, penambahan pot bunga tiap kelas, memperbanyak kotak sampah, dan mewajibkan siswa melaksanakan kebersihan lingkungan di kelas setiap pulang sekolah
|
Untuk meningkatkan kebersihan dan penghijauan sekolah
|
Tahun ke-2
|
Membangun Musholah yang lebih luas, perbanyak Mukena dan Alquran
|
Untuk meningkatkan program peningkatan Iman dan taqwa para siswa
|
Tahun ke-3
|
Memberi kajian kajian kepada guru guru tentang penting nya meningkatkan kulitas belajar
|
Di harapkan agar tingkat penyerapaan materi materi di sampaikan oleh guru meningkat dan mudah di pahami murit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan komentar anda